Resep Dendeng Daging Sapi Kering Khas Sumatra Barat


Dendeng daging sapi kering, merupakan olahan daging yang berupa daging sapi yang diawetkan dengan cara dibuat dendeng, dan bisa bertahan dalam beberapa waktu, sehingga bisa anda santap kapan pun anda menginginkannya dengan cara menggoreng nya saja.

Dendeng daging sapi kering adalah makanan khas ranah minang, yang sudah terkenal di seluruh pelosok negeri ini, bahkan jika kita pelesir ke daerah Sumatra Barat ini banyak sekali toko oleh oleh yang menyediakan dendeng sapi kering ini sebagai oleh oleh khas dari Sumatra Barat. Untuk mengobati kerinduan anda dengan masakan yang satu ini, marilah simak sajian saya kali ini tentang resep dendeng daging sapi kering khas Sumatra Barat.

Resep Dendeng Sapi Kering Khas Sumatra Barat

Baca Juga : Resep Asam Padeh Ikan Tongkol Ala Rumah Makan Padang  

Resep ini berdasarkan resep asli dari pembuatan dendeng daging sapi kering yang khas dari daerah Sumatra Barat, yang bisa anda pelajari dengan menyimak bahan dan cara pembuatan dendeng daging sapi kering, agar anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk disajikan kepada keluarga anda.

Resep Dendeng Daging Sapi Kering Khas Sumatra Barat

Bahan yang digunakan untuk membuat dendeng daging sapi kering tentunya bahan utama nya adalah 1 kg daging sapi, bagian has dalam yang memiliki tekstur daging yang lembut dan tidak mengandung lemak. Jumlah ini diperkirakan akan menghasilkan sekitar 12 porsi dendeng daging sapi kering. Dan dendeng sapi ini bisa bertahan dalam beberapa waktu, jika disimpan did alam lemari es. Untuk penyajiannya, anda bisa mengambil beberapa helai dendeng daging sapi ini kemudian menggoreng nya sebelum di konsumsi.

 Bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat dendeng daging sapi kering :

  • ½ sdm merica bijian atau 1 sdm jika untuk merica bubuk
  • 500 gram ketumbar bijian
  • 10 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar
  • ½ sdm asam jawa
  • 2 sdm garam dapur atau secukupnya
  • 300 gram gula aren
  • 1 liter air untuk merebus daging sapi
  • Air kaldu dari rebusan daging sapi

Cara membuat dendeng daging sapi kering khas Sumatra Barat

  •  Persiapan untuk mengolah daging sapi sebelum dibumbui :
Resep Dendeng Sapi Kering Khas Sumatra Barat
  1. Pertama, cuci daging sapi lalu potong potong daging dengan ukuran sesuai selera anda. tips memotong daging sapi yaitu, potonglah daging sapi melawan arah serat daging supaya daging sapi tidak hancur pada saat dimasak dan daging akan menjadi lebih empuk dan enak saat dimakan.
  2. Setelah daging dipotong potong taruhlah daging kedalam wadah
  3. Siapkan talenan yang bersih atau bisa alasi talenan dengan plastik bersih untuk proses pemipihan daging sapi. Taruh 1 potong daging sapi yang sudah dipotong tadi lalu pipih kan daging menggunakan alat pemukul daging, hingga daging sapi berbentuk pipih dan melebar.
  4. Semua daging telah dipipih kan, lalu simpan kembali daging sapi ke dalam wadah sebelum persiapan membuat bumbu dari dendeng sapi kering ini.

  • Cara membuat dendeng daging sapi kering

  1. Siapkan panci berukuran sedang, atau yang kira kira cukup dengan daging sapi tadi. Lalu masukkan air bersih secukupnya dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih masukan daging sapi yang telah dipipih kan tadi dan beri tambahan garam dan bawang putih halus, kemudian rebus daging hingga empuk dan kuah kaldu ini menyusut. Setelah daging sapi matang angkat lalu tiriskan.
  2. Setelah itu siapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih, ketumbar, merica, cabe merah, garam, gula aren dan asam jawa kemudian dihalus kan.
  3. Setelah semua bumbu menjadi halus, taruh ke dalam wadah yang berukuran agak besar. Ambil satu persatu potongan daging sapi lalu lumuri dengan bumbu halus tersebut hingga merata. Pastikan semua bagian daging tidak luput dari bumbu. Lalu simpan daging ke dalam wadah dan ulangi sampai potongan daging habis.
  4. Setelah semua potongan daging sapi telah di lumuri bumbu, biarkan selama kurang lebih 3 - 3,5 jam agar bumbu meresap ke dalam bagian daging sapi dengan sempurna.
  5. Selanjutnya, jemur dendeng daging sapi ini di bawah sinar matahari terik, dan jemur ditempat yang aman agar tidak terjangkau oleh kucing juga jangan lupa untuk membolak balik dendeng agar dendeng kering merata. Jemur dendeng hingga benar benar kering dan tidak mengandung air lagi, agar dendeng bisa lebih tahan lama.
  6. Untuk penyajiannya,  ambil beberapa potong dendeng daging sapi kering ini dan siapkan wajan untuk menggoreng. Panas kan minyak setelah itu masukkan satu persatu dendeng daging sapi kering ini lalu goreng hingga benar benar matang.
  7. Setelah dendeng daging sapi kering ini matang, angkat dan siap disajikan kepada keluarga tercinta. Dendeng daging sapi ini lebih nikmat disantap selagi hangat ditemani dengan nasi putih hangat dan sambal kesukaan anda.

Demikianlah resep dendeng daging sapi kering khas Sumatra Barat ini saya sajikan untuk anda semua, sebagai obat penghilang kerinduan anda pada masakan khas daerah Sumatra Barat bagi anda yang berada jauh dari kampung halaman. Semoga bermanfaat dan terima kasih untuk kunjungan anda kali ini.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Resep Jitu

1 komentar:

avatar
Argy MA-two19 Mei 2017 03.57

kebetulan banget, saya lagi di arab saudi ini,banyak yg pesen daging unta di kampung,kayakNya saya mau coba trik ini, mungkin daging sapi gak jauh beda sama daging unta...!!